Breaking

Jangan Pernah Ragu Untuk Melakukannya

Berbuat Baik
Berbuat Baik

Kita sering kali mendengar sebuah ungkapan atau himbauan agar kita senantiasa berbuat baik dan melarang kita untuk berbuat yang tidak baik, entah itu kepada sesama manusia ataupun kepada alam ini ( tumbuhan dan hewan ).

Berbuat baik memang di perintahkan oleh Alloh SWT dan juga sangat dianjurkan oleh Nabi Kita Muhammad Shallollohu alaihi wa sallam, dan biasa dilakukan oleh generasi Islam yang paling awal ( Salaf As Sholeh ). Meskipun begitu ternyata masih banyak diantara kita kaum muslimin yang masih ragu untuk berbuat baik ( terkhusus kepada sesama manusia )

Keraguan itu biasanya muncul karena kita berfikir tentang balasan yang akan kita terima bila kita berbuat baik kepada seseorang, apakah dia akan membalas kebaikan kita atau justru melupakan nya, Dari situlah kemudian kita menjadi ragu untuk berbuat baik. Seharus nya kita tidak usah ragu dalam melakukan kebaikan kepada siapapun, karena Alloh SWT berfirman terkhusus untuk para palaku kebaikan bahwa mereka tidak akan menerima kecuali kebaikan pula.

Alloh berfirman :

هَلْ جَزَاءُ الْإِحْسَانِ إِلَّا الْإِحْسَانُ

“Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).” (QS. Ar Rahman : 60)

 Ayat diatas ini memberikan jaminan kepada siapapun yang berbuat baik bahwa dia akan menerima kebaikan dari apa yang telah dia lakukan. Untuk itu janganlah ragu dalam berbuat baik dan kebaikan.

Di sisi lain mungkin ada sebagian kita yang merasa trauma untuk berbuat baik, karena merasa di khianati oleh orang yang kita pernah berbuat baik kepadanya. Dalam istilah kita kenal dengan “ air susu dibalas dengan air tuba “. Mengapa kita merasakan hal demikian, itu disebabkan karena kita berharap balasan dari manusia bukan dari Alloh SWT.

Barang siapa yang berharap kepada manusia maka dia pasti akan kecewa, akan tetapi bagi mereka yang berharap hanya kepada Alloh pasti tidak akan pernah kecewa. Manusia boleh lupa dengan kebaikan – kebaikan kita, akan tetapi Alloh SWT tidak akan pernah lupa kepada kebaikan – kebaikan Hamba Nya.

“ Sesungguhnya Alloh, Tidak akan pernah lupa untuk memberi balasan kepada orang – orang yang berbuat baik “


Alloh swt Berfirman :

لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ

“Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat (pembalasan) yang baik.” (QS. An-Nahl : 30)

Alloh swt juga berfirma :

لَهُمْ مَا يَشَاءُونَ عِنْدَ رَبِّهِمْ ذَلِكَ جَزَاءُ الْمُحْسِنِينَ . لِيُكَفِّرَ اللَّهُ عَنْهُمْ أَسْوَأَ الَّذِي عَمِلُوا وَيَجْزِيَهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ الَّذِي كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Mereka memperoleh apa yang mereka kehendaki pada sisi Tuhan mereka. Demikianlah balasan orang-orang yang berbuat baik, agar Allah akan menutupi (mengampuni) bagi mereka perbuatan yang paling buruk yang mereka kerjakan dan membalas mereka dengan upah yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”. (QS. Az-Zumar : 34-35)

Dan ketahuilah wahai saudaraku, sesungguhnya kabaikan yang kita lakukan kepada siapapun, sejatinya adalah untuk diri kita sendiri, bukan untuk orang lain terlebih untuk Alloh Azza Wa Jalla.
Alloh swt berfirman :

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ

“Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri.” (QS. Al-Isra : 7)

Maka dari itu jangan lah kita ragu untuk berbuat baik, karena kebaikan itu pasti akan kembali kepada kita. Semoga kita semua dimudahkan oleh Alloh untuk bisa berbuat baik dan selalu ikhlas dalam kebaikan.

Arbi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.