Breaking

Dua Hal Yang Patut Diperhatikan Dalam Sholat Berjamaah

Sholat Berjamaah
Sholat Berjamaah
Merapikan barisan shaf sholat

Dijelaskan di dalam hadits dari sahabat Abu Abdillah Nu’man bin Basyir, beliau berkata, aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

 “
Hendaknya kalian bersungguh- sungguh meluruskan shaf-shaf kalian atau Allah sungguh-sungguh akan memperselisihkan di antara wajah-wajah kalian” (HR. Bukhari 717 dan Muslim 436)

Dari Anas bin Malik, dia berkata, “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Luruskan shaf-shaf  kamu, sesungguhnya kelurusan shaf itu termasuk kesempurnaan shalat’” [HR. Muslim, no. 433; Ibnu Mâjah, no. 993 Dishahihkan oleh al-Albâni]

Tidak mendahului imam

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rosululloh ï·º bersabda :
Sesungguhnya imam hanya untuk diikuti, maka janganlah menyelisihnya. Apabila ia ruku’, maka ruku’lah. Dan bila ia mengatakan ‘sami’allahu liman hamidah’, maka katakanlah,’Rabbana walakal hamdu’. Apabila ia sujud, maka sujudlah. Dan bila ia shalat dengan duduk, maka shalatlah kalian dengan duduk semuanya“. (H.R. Bukhari 734)

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rosululloh ï·º bersabda :

“ Dijadikan imam itu tidak lain adalah untuk di ikuti, maka apabila dia bertakbir, hendaklah kamu bertakbir dan janganlah kamu bertakbir hingga dia bertakbir, dan apabila dia ruku, hendaklah kamu ruku dan jangan kamu ruku hingga dia ruku, dan apabila dia berkata sami’alloh hulliman hamidah, hendaklah kamu berkata Allohumma robbana lakal hamd, dan apabila dia sujud, hendaklah kamu sujud dan jangan kamu sujud hingga ia sujud, dan apabila dia sholat dengan berdiri maka hendaklah kalian berdiri, dan apabila dia sholat dengan duduk hendaklah kalian sholat dengan duduk” ( Muttafakun Alaih, lafadz Abu dawud )
Rasulullah memberikan ancaman keras bagi seseorang yang mendahului imam, seperti disebutkan dalam hadits berikut:

Tidakkah orang yang mengangkat kepalanya sebelum imam takut jika Allah akan mengubah kepalanya menjadi kepala  keledai? “(H.R Bukhari 691)


Setelah kita tahu, maka selanjutnya adalah kita menjalankan perintah dari Rosululloh ï·º semoga kita semua diberikan kemudahan, Aamiin

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.