Breaking

Lihatlah Keadaan Dirimu

Diri Sendiri
Muhasabah
Setiap muslim seharusnya berfikir tentang keadaan dirinya sendiri, apakah pemahaman terhadap Dien Islam bertambah atau tidak. Dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia apakah pemahaman tentang Islam dan Syari’atnya bertambah atau tidak, pengetahuan kita tentang hukum – hukum dalam Islam bertambah atau tidak, mana yang halal dan mana yang haram, mana yang Alloh Ridhoi dan murkai semuanya harus kita ketahui.

Dan setiap kita juga seharusnya berfikir tentang ibadah yang kita lakukan, apakah ada peningkatan atau malah sebaliknya terjadi penurunan yang disebabkan maksiat kita terhadap Alloh Azza Wa Jalla.
Karena diantara  tanda kebaikan yang Alloh Azza Wa Jalla berikan kepada seorang hamba adalah ketika dia Faham tentang urusan Agamanya, dia faham tentang batasan – batasan seorang hamba kepada pencipta Nya.

Sabda Nabi Muhammad ï·º

Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan padanya, Allah akan faqihkan ( fahamkan ) ia dalam masalah agama (ini).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dari hadits diatas dapat kita ambil hukum secara sederhana bahwa tanda kebaikan seorang hamba adalah ketika dia diberi pemahaman tentang urusan Agamanya.

Apabila ada seorang muslim yang dia melihat kepada dirinya dan mendapati ilmu agama / pemahaman dia terhadap agama ini tidak bertambah, hendaknya dia segera bertaubat dan memperbaiki diri dengan kembali mendatangi majelis – majelis ilmu.

Karena dengan mendatangi majels ilmu, maka kita akan terhindar dari kebodohan dan kesesatan, kita juga akan mendapatkan kebaikan yang banyak dari sisi Alloh Azza Wa Jalla.

Untuk itu marilah kita menghitung dan menimbang diri kita masing – masing apakan kita termasuk golongan yang diberikan kebaikan oleh Alloh atau malah sebaliknya ( Na’udzubillah )

Semoga kita semua di berikan pemahaman yang baik tentang Agama kita ( Islam ), dan diberikan kemampuan untuk menjalankan semua hal yang sudah kita ketahui dari Agama Ini.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.