Breaking

Ketika Resah Bertambah Gelisah

Resah dan Gelisah
Resah dan Gelisah

Siapapun orangnya, pasti pernah merasakan apa yang disebut dengan sedih, susah, kecewa, gunda gulana, nestapa. Siapapun dia, apa itu pejabat atau rakyat jelata, apa dia kaya atau miskin, yang cakep atau yang sedang sedang saja, laki laki atau perempuan, tua atau muda.

Siapapun itu, tanpa kecuali. Ketika hati sedang gundah gulana, dan tatkala hati itu sedang dirudung sebuah bencana kegelisahan dan keresahan, maka kemanakah anda akan meminta pertolongan.

Masalah dalam hidup memang akan senantiasa ada, mau tidak mau, suka tidak suka setiap kita pasti akan merasakannya dan mengalaminya karena memang Alloh menjadikan manusia sebagai sebagai mahluk yang berkeluh kesah dan menjadikan dunia ini sebagai ladang ujian.

“Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya) dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.” (Al-Anbiya’: 35)

“Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah di antara mereka yang terbaik amalannya.” (Al-Kahfi: 7)

Lalu apa yang harus kita lakukan ketiga ujian dan cobaan datang kepada kita, secara mudah kita akan menjawab ujian itu harus kita lalui dan cobaan itu harus kita hadapi. Memang benar segala hal kesusahan yang kita rasakan haruslah kita hadapi, tetapi sebaiknya kita jangan menyelesaikan masalah itu seorang diri karena kita akan merasa berat dan tidak mampu.

Sekecil apapun masalah yang kita hadapi bila kita selesaikan sendiri maka masalah akan terasa besar dan berat, dan masalah sebesar apapun akan terasa kecil dan ringan bila kita menyelesaikanya berdua, berdua dengan siapa ? tentunya berdua dengan Alloh Azza Wa Jalla.

Sertakan Alloh dalam usaha kita menyelesaikan masalah – masalah kita agar kita merasa ringan dan rusan terselesaikan, Alloh SWT sangat merasa senang bila disertakan dalam segala urusan kita, karena diantara ciri orang yang sombong adalah mereka yang tidak pernah meminta tolong kepada Alloh Azza Wa Jalla.

Semakin kita sering meminta tolong kepada Nya, maka semakin Dia Ridho kepada kita, dan semakin jarang kita meminta Tolong kepada Nya, maka Alloh akan murka karena kita diangga tidak butuh bantuan dan pertolongan Nya.

“Barangsiapa yang tidak berdo’a kepada Allah, (maka) Allah murka kepadanya.” {HR. Ahmad (no.9426, 9822). At-Tirmidzi (no.3373).}
Bahkan Allah menggolongkan mereka kepada orang-orang yang sombong, Allah berfirman,
“Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” {QS. Ghafir: 60.}
Untuk itu janganlah kita ragu meminta pertolongan kepada Alloh SWT sekalipun hanya seuntai do’a yang kita panjatkan guna meringankan masalah yang kita hadapi.
Sekali lagi, ketika resah bertambah gelisah maka jangan pernah ragu untuk memohon kepada Alloh SWT. Semoga kita semua selalu dalam kebaikan dan selalu dimudahkan dalam menyelesaikan segala masalah yang kita hadapi.
Wallohu A’lam

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.