Breaking

Mengenang Jasa Ulama

Sang Reformis
MARI KITA MENGENAL SOSOK PEMBAHARU PERJUANGAN MUSLIM DALAM MEWUJUDKAN KEMERDEKAAN INDONESIA.
________________
" SANG REFORMIS "
SYAIKH AHMAD SYURKATI AL-ANSHARI
;
- Pembina dan Pengajar di: Jami'atul Khayr,
- Guru Spiritual Jong Islamieten Bond (JIB),
- Penyelesai perseteruan SI (Syarekat Islam) Kanan dan Kiri (komunis) teman HOS Cokroaminoto.
- Pendiri Al-Irsyad al-Islamiyyah.
- Guru dari KH. Ahmad Dahlan (Pendiri Muhammadiyyah), A. Hassan (Pendiri Persis), M. Natsir ( Pendiri Hidayatullah), Mukti Ali, Kasman Singodimejo, Ust. Umar Hubays, Ulama-Ulama dan Tokoh Nasional di zamannya.
( Disusun berdasarkan keterangan Tokoh-tokoh dan Surat-menyurat dimasanya)
-----------------
Surat dari Organisasi Muhammadiyah terkait Penjelasan Tentang Syaikh Ahmad Surkati.
------------------
Kantor pusat organisasi Muhammadiyah :
Jogja 3 Jumadil Ula 1360 H/29 Mei 1941
Kepada yang terhormat
Mudir organisasi al-Irsyad di Batavia
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu
Telah sampai surat anda kepada kami nomor 17-1-41 tertanggal 1 April 1941 M. dan kami telah membacanya dengan perhatian.
Kami sepakat dengan anda bahwa dalam sejarah al-Ustadz al-Kabiirasy-Syaikh Ahmad as-Surkati al-Anshari terdapat banyak sekali hal yang bisa kita jadikan panutan yang baik, dan ini juga sebagai pengakuan akan keutamaannya, karena memang benar, jasa syaikh Surkati sangat besar atas organisasi Muhammadiyah, dan yang demikian itu sejak syaikh Surkati mengenal almarhum Kyai al-Allaamah Haji Ahmad Dahlan pendiri organisasi Muhammadiyah.
Pada waktu itu syaikh Surkati adalah seorang guru di Madrasah al-Khairiyah di Pekojan Batavia, dan setelah pindah ke al-Irsyad beliau tidak terputus memberikan bantuan dengan meyampaikan pandangan-pandangan yang darinyalah muncul Muhammadiyah, dan memberikan kepadanya bantuan dengan mengumpulkan dana dari anggota al-Irsyad.
Dan wajib untuk ditekankan disini bahwasanya di tahun-tahun yang terakhir syaikh Surkati telah menjawab lima permasalahan yang telah disebarkan Kantor pusat ke seluruh ulama Indonesia,
permasalahan itu adalah masalah-masalah yang meliputi masalah penting dan berfaedah untuk agama Islam dan masyarakat Islam umumnya pada masa ini, dimana kaum muslimin berusaha meraih kemajuan dengan seluruh macamnya.
Ini adalah inti sari ringkasan dari hubungan kami dengan syaikh Ahmad Surkati al-Anshari seorang tokoh yang berakhlak mulia, dan mempunyai keutamaan yang besar serta ilmu yangtinggi, kami menulisnya dengan sangat ringkas agar masyarakat umum membacanya, karena jika kami meluaskannya maka tidak cukup waktu untukhal ini, dan sebagai tambahan, sekalipun kami memanjang lebarkan pembicaraan seputar ilmu dan keutamaan syaikh Surkati, kami tidak akan mampu memenuhinya denganbaik.
Oleh karena itu kami memohon kepada Allah subhanahu wata’ala siang dan malam agar Dia memanjangkan umur syaikh dan menambahkan hal-hal yang bermanfaat untuk dipetik dari ilmu dan tanamannya, dan penutup, kami meminta keselamatan untuk kami semua wassalam.
Dari Kantor pusat organisasi Muhammadiyah.
------------------
(bersambung bagian ke-2)


Sumber : fb/Ridwan Hasbuna

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.