Kontribusi dalam Perjuangan
Membantu Perjuangan |
Allah -Subhanahu wa ta’ala–
telah menjanjikan kemenangan bagi umat-Nya. Hal itu telah terpampang jelas di
dalam firman-Nya. Kemenangan yang dijanjikan Allah tidak turun secara tetiba.
Walaupun itu bisa juga terjadi jika Allah menghendaki karena Dia-lah Sang Maha
Kuasa. Kemenangan-kemenangan yang Dia janjikan membutuhkan pengorbanan. Karena
itulah cara Dia memilah hamba-Nya yang memang jujur dengan keimanannya dengan
hamba yang larut dalam kepura-puraan.
Pengorbanan demi pengorbanan
para pendahulu kita kiranya cukup menjadi teladan bagi umat masa kini.
Bagaimana seorang saudagar kaya seperti Abu Bakar Ash-Shiddiq -Radhiyallahu
‘anhu– menginfakkan seluruh kekayaanya untuk jihad fi Sabililah. Bagaimana seorang
Shuhaib Ar-Rumi meninggalkan seluruh kekayaannya di Makkah untuk berhijrah ke
Madinah untuk bergabung bersama Rasulullah. Dan bagaimana sepupu Rasulullah,
Ja’far bin Abi Thalib rela mempertahankan panji Islam di saat tangannya satu
per satu putus pada saat perang Mu’tah. Pada akhirnya ia syahid di jalan jihad
fi sabililah.
Kontribusi Perjuangan Adalah
Konsekunsi Keimanan
Berkontribusi dalam
perjuangan adalah konsekuensi keimanan. Apalah arti sebuah keimanan jika hati
beku melihat Al-Quds, kiblat pertama umat Islam diklaim sebagai ibukota
penjajah Israel. Apalah arti keimanan jika diam saja ketika melihat Al-Quran
dihinakan atau bahkan mencela saudaranya yang membela kehormatan Al-Quran.
Apalah arti keimanan jika masih bisa tertawa riang gembira di saat saudaranya
di belahan bumi lain menangis meronta
karena teraniaya. Dan apalah arti keimanan jika harta hanya ditumpuk ketika
kaum muslimin membutuhkan untuk kelangsungan kehidupannya.
Tentu kisah dalam firman
Allah ini mampu membukakan mata hati kita. Allah berfirman
وَقَالَ رَجُلٌ مُؤْمِنٌ مِنْ آلِ فِرْعَوْنَ يَكْتُمُ إِيمَانَهُ
أَتَقْتُلُونَ رَجُلا أَنْ يَقُولَ رَبِّيَ اللَّهُ وَقَدْ جَاءَكُمْ
بِالْبَيِّنَاتِ مِنْ رَبِّكُمْ وَإِنْ يَكُ كَاذِبًا فَعَلَيْهِ كَذِبُهُ وَإِنْ
يَكُ صَادِقًا يُصِبْكُمْ بَعْضُ الَّذِي يَعِدُكُمْ إِنَّ اللَّهَ لا يَهْدِي
مَنْ هُوَ مُسْرِفٌ كَذَّابٌ
Artinya, “Dan seorang laki-laki yang
beriman di antara pengikut-pengikut Firaun yang menyembunyikan imannya berkata:
“Apakah kamu akan membunuh seorang laki-laki karena dia menyatakan: “Tuhanku
ialah Allah, padahal dia telah datang kepadamu dengan membawa
keterangan-keterangan dari Tuhanmu. Dan jika ia seorang pendusta maka dialah
yang menanggung (dosa) dustanya itu; dan jika ia seorang yang benar niscaya
sebagian (bencana) yang diancamkannya kepadamu akan menimpamu”. Sesungguhnya
Allah tidak menunjuki orang-orang yang melampaui batas lagi pendusta. (Ghafir :
28)
Ayat ini berkisah tentang seorang
lelaki pengikut Fir’aun dari kalangan Koptik. Ia menyembunyikan keimanannya
hingga suatu hari ia menerima dakwah Musa dan membelanya. Ia menampakkan keimanannya ketika Fir’aun
mengatakan,”Biarkanlah aku membunuh Musa.” (QS.Ghafir:26)
Ghirah dalam hati lelaki itu tergugah.
Kemarahan pun menggejolak karena Allah -Subhanahu wa Ta’la–. Ia melakukan jihad
yang paling utama dengan mengatakan kalimat keadilan di hadapan penguasa zalim.
Dan tidak ada perkataan yang lebih besar daripada kalimat ini :
أَتَقْتُلُونَ رَجُلا
أَنْ يَقُولَ رَبِّيَ اللَّهُ
“Apakah kamu akan membunuh seorang
laki-laki karena dia menyatakan: “Tuhanku ialah Allah.”
وَقَدْ جَاءَكُمْ
بِالْبَيِّنَاتِ مِنْ رَبِّكُمْ
“Padahal dia telah datang kepadamu
dengan membawa keterangan-keterangan dari Tuhanmu.”
Lelaki dari bangsa Koptik ini memberi
contoh bagaimana berkontribusi dalam amar ma’ruf nahi munkar kepada penguasa
dan melindungi nabi Allah meski dalam kondisi takut menampakkan keimanan. Hal
senada juga pernah terjadi pada zaman Rasulullah. Dalam Tarikh Khulafa
disebutkan ketika Rasulullah disiksa orang-orang Quraisy, ada yang mencegahnya
dengan spontan, ada pula yang menggoyang-goyangkan badannya dari tempat dimana
dia duduk. Mereka berkata,”Engkau yang menjadikan tuhan yang banyak itu menjadi
satu tuhan?”. Tidak ada seorang pun yang berani mendekati Rasul kecuali Abu
Bakar, dia memukul satu orang di antara mereka, menggoyang yang lain sambil
berkata,”Celaka kalian semua!!! Apakah kalian akan membunuh orang yang
mengatakan Tuhanku adalah Allah?”
Kemudian Ali bin Abi Thalib mengangkat
selendang yang dia pakai dan menangis hingga air matanya melinangi jenggotnya.
Kemudian dia berkata,”Semoga Allah selalu menjadikan kalian sehat dan semangat,
apakah seorang mukmin di zaman Fir’aun (yang mengatakan perkataan yang sama)
lebih baik ataukah Abu Bakar?Orang-orang pada terdiam.”
Dia melanjutkan,”Tidakkah kalian
menjawab yang saya tanyakan? Demi Allah, sesunggunya satu jam dari waktu Abu
Bakar jauh lebih baik dari seribu jam orang mukmin yang ada di masa Fir’aun.
Orang itu menyembunyikan keimanannya, sedangkan Abu Bakar menyatakan dengan terang-terangan
keimanannya.”
Sumber : Kiblat.net
Tidak ada komentar:
Posting Komentar