Breaking

Bencana Datang Karena Di Undang

Bencana
Bencana
Dan musibah apa saja yang menimpa kalian, maka disebabkan oleh perbuatan tangan kalian sendiri, dan Allah mema’afkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)” (Qs. Asy-Syuura: 30)

Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu krikil, dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur (halilintar), dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.” (Qs. Al-Ankabut: 40)

Sesungguhnya seluruh alam raya ini ada dalam genggaman Alloh Azza Wa Jalla, dan Alloh Azza Wa Jalla tidak membutuhkan sebab dalam segala takdirnya, bagi Nya cukup mengatakan “ Kun Fa Yakun “ ( Jadi, maka jadilah ia ) maka sebagai muslim yang baik seharusnya kita tidak hanya berfikir bahwa bencana alam yang terjadi itu semata – mata hanya gejala alam.

Tidak ada hal besar maupun kecil yang terjadi melaikan dengan izin dan kehendak – Nya.

“Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.” (QS. Ath-Thalaq: 12)

Setiap sesuatu (terjadi) berdasarkan qadla’ dan qadar, sampai-sampai sifat lemah dan malas”. (HR. Bukhari Muslim)

Erupsi gunung bukan karena desakan magma, tetapi karena perintah Alloh Azza Wa Jalla
Gempa bumi bukan semata – mata karena pergerakan lempeng bumi, tapi itu terjadi atas perintah Alloh Azza Wa Jalla.

Dan itu semua terjadi karena kita sebagai penghumi bumi lebih banyak mengisi bumi ini dengan maksiat kepada Alloh Azza Wa Jalla.

Kita sebagai mahluk Alloh yang diberi kemampuan untuk membedakan yang haq dan yang bathil, akan tetapi kita lebih senang dengan kebathilan.

Kita lebih senang memperturutkan hawa nafsu kita dan lupa dengan peringatan Alloh Azza Wa Jalla, maka jangan kaget dan jangan bingung ketika Alloh menegur kita dengan bencana yang datang melanda.

Dan teruntuk saudaraku yang sedang tertimpa bencana dimanapun berada, bersabarlah semoga Alloh Azza Wa Jalla menjadikan bencana itu sebagai alat penghapus dosa.

Dari Ummu Salamah, istri Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: Jika maksiat telah menyebar diantara umatku, Allah akan menurunkan adzab secara umum”. Ummu Salamah bertanya: Wahai Rasulullah, bukankah di antara mereka ada orang shalih? Rasulullah menjawab: Ya. Ummu Salamah berkata: Mengapa mereka terkena juga? Rasulullah menjawab: Mereka terkena musibah yang sama sebagaimana yang lain, namun kelak mereka mendapatkan ampunan Allah dan ridha-Nya” (HR. Ahmad no.27355. Al Haitsami berkata: “Hadits ini ada 2 jalur riwayat, salah jalurnya diriwayatkan oleh para perawi yang shahih”, Majma Az Zawaid, 7/217 )

Wallohu A' lam

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.